Mengapa Harus Cuci Tangan?

Seseorang penderita flu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin, kemudian memegang benda sesuatu, saat Anda memegang benda tersebut, bakteri flu dapat segera berpinda ke tangan Anda dan apabilah anda memegang hidung atau mulut, kuman tersebut bisa masuk kedalam tubuh kita. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain. Penyakit seperti diare, cacingan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), TBC bahkan penyakit yang berbahaya seperti flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1) dapat dijegah dengan mencuci tangan  secara benar. Sayangnya, banyak orang yang meremehkan kebiasaan sehat ini dan mengganggapnya tidak penting. Padahal dengan membisakan mencuci tangan dengan baik, hidup Anda dan keluarga dapat lebih sehat..



Kapan Saat Anda Mencuci Tangan  ?

    Mencuci tangan umumnya dilakukan saat sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan setelah meyentuh orang sakit, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau besin atau membuang ingus, setelah mengganti popok atau pembalut, sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah membersikan atau membuang sampah, setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan.
    Anda juga sebaiknya mengajarkan kebiasaan baik mencuci tangan ini kepada adik kalian yang masih kecil. Seorang anak sekali mempelajari dan menyentuh segalah sesuatu tanpa tahu apakah itu kotor apakah tidak. Lalu memasukan tanganya kedalam mulut atau memakan makanan tanpa mencuci tangan. Akibatnya sang anak dapat menderita penyakit. Menurut penelitian, penyakit pembunuh anak nomor 1 di Indonesia adalah karenah diare, padahal hal ini dapat di cegah dengan mengajarkan anak untuk mencuci tangan. Mengingat pentingnya cuci tangan, maka setiap tanggal 15 Oktober di canangkan sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Biasakan diri dan kelurga anda mencuci tangan                    

by:    M. Musa Kalimmulloh.
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di ARTIKEL. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s