ABRASI

Pengikisan Pntai dikenal dngan “Abrasi” yaitu sebuah proses berkurangnya daratan yang disebabkan oleh gelombang laut. Abrasi juga sering disebut Erosi Pantai.

Pengikisan pantai terjadi secara alamiah. Tetapi, dengan terganggunya keseimbangan misalnya berkurangnya hutan bakau dan terumbu karang. Pengikisannya menjadi tidak terkendali. Tak jarang proses abrasi menjadi bencana.

Sbagian besar pengikisan pantai yang terjadi adalah akibat rusaknya tanaman bakau di sepanjang bibir pantai. Bayangkan jika ombak yang tampak begitu indah, sedikit dmi sedikit mengikis pantai dan daratan ang ada. Pulau tempat kita tinggal sedikit demi sedikit terkikis. Rusaknya terumbu karang juga bisa menambah pengikisan pantai.

Pemerintah bersama mayarakat melakukan berbagi tindakan pencegahn.misalnya dengan membangun pemecah ombak dan menggalakkan penanaman bakau di pantai.

Lakukan Sekarang !
1.    menjaga kebersihan pantai daik dari sampah organik maupun non-organik.
2.    tidak merusak lingkungan pantai, apalagi menghancurkan terumbu karang.

TAHUKAH KAMU ??
Di Kalimantan Barat, pada 1980-an kecepatan abrasi mencapai sungai di Dusun Nanga Sungai dan Desa Sjaung, Kecamatan Embaloh Hilir,350 jiwa terancam longsor yang disebabkan abrasi sungai. Abrasi membentuk dua arus sungai baru yang mengelilingi pemukiman.

Pos ini dipublikasikan di MATERI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s