Dasar- dasar Kepemimpinan

Dalam setiap kelompok, group atau organisasi, kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang penting. Kepemimpinan yang ada mempengaruhi kelompok di dalam mencapai tujuan. Cara seseorang memimpin dapat membawa kelompok atau organisasi tersebut ke arah keberhasilan atau ketidakberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Beberapa pengertian dalam kepemimpinan :
1.     Pemimpin adalah seorang yang dapat mempengaruhi kelompok yang dipimpinnya untuk mengerahkan usaha bersama guna mencapai sasaran atau tujuan yang telah ditentukan.

2.     Ketua adalah seorang yang dituakan dalam kelompok untuk mewakili atau bertanggungjawab atas kelompoknya dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.     Kepala adalah seorang yang mengepalai suatu kelompok atau unit untuk memimpin kelompok atau unit mencapai tujuan.
4.     Kepemimpinan adalah proses menggrakkan dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, maka kepemimpinan berkaitan dengan :
1.     keterlibatan orang lain atau sekelompok orang dalam kegiatan mencapai tujuan
2.     terdapat faktor tertentu yang ada pada pemimpin sehingga orang lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untukmencapai tujuan.
3.     adanya usaha bersama serta pengerahan berbagai sumber daya,baik tenaga, dana, waktu dan lain sebagainya.

Hakekat Kepemimpinan adalah sebagai berikut :
1.     kepemimpinan adalah kepribadian seseorang yang menyebabkan sekelompok orang lain mencontoh atau mengikutinya. Kepemimpinan adalah kepribadian yang memancarkan pengaruh, wibawa sedemikian rupa sehingga sekelompok orang mau melakukan apa yang dikehendakinya.
2.     kepemimpinan adalah seni, kesanggupan atau teknik untuk membuat sekelompok orang mengikuti atau mentaati apa yang dikendaki,membuat mereka antusias atau bersemangat untuk mengikutinya dan bahkan sanggup berkorban.
3.     kepemimpinan merupakan penyebab kegiatan, proses atau kesediaan untuk mengubah pandangan atau sikap sekelompok orang, baik dalam organisasi formal maupun informal.
4.     kepemimpinan adalah memprodusir dan memancarkan pengaruh terhadap sekelompok orang sehingga bersedia untuk mengubah pikiran, pandangan, sikap, kepercayaan dan sebagainya. Kepemimpinan di dalam organisasi formalmerupakan suatu proses yang terus menerus, yang membuat semua anggota organisasi giat dan berusaha memahami dan mencapai tujuan-tujuan yang dikehendaki oleh pemimpin.
5.     kepemimpinan adalah suatu bentuk persuasi, suatu seni membina sekelompok orang melakukan “ human relation “ dan motivasi yang tepat, sehingga tanpa rasa takut mereka mau bekerja sama, memahami dan mencapai tujuan organisasi.
6.     kepemimpinan adalah suatu sarana, alat atau instrument untuk membuat sekelompok orang mau  bekerja sama, berdaya upaya,mentaati segala sesuatu untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Tugas pokok kepemimpinan yang berupa mengantarkan,mempelopori, memberi petunjuk,mendidik,membimbing dan lain sebagainya agar bawahan mengikuti jejak pemimpin mencapai tujuan organisasi hanya dapat dilaksanakan secara baik,ila seorang pemimpin menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Fungsi-Fungsi Kepemimpinan adalah :
1.       Fungsi perencanaan : seorang pemimpin perlu membuat perencanaan yang menyeluruh bagi organisasi dan diri sendri selaku penanggungjawab tercapainya tujuan organisasi.
2.       fungsi memandang ke depan : seorang pemimpin yang senantiasa memandang ke depan berarti akan mampu meneropong apa yang akan terjadi serta selalu waspada terhadap segala kemungkinan.
3.       fungsi Pengembangan Loyalitas : pengembangan kesetiaan ini tidak saja diantara pengikut, tetapi juga untuk para pemimpin tingkat rendah dan menengah dalam organisasi.
4.       fungsi pengawasan : pengawasan merupakan fungsi pemimpin untuk senantiasa meneliti kemajuan pelaksanaan rencana.
5.       fungsi pemeliharaan : fungsi ini menguayakan kepuasanbathin bagi pemeliharaan dan pengembangan kelompok untuk kelangsungannya. Seorang pemimpin perlu selalu bersikap penuh perhatian terhadap anak buahnya. Pemimpin harus dapat memberi semangat,membesarkan hati,mempengaruhi anakbuahnya agar rajin bekerja dan menunjukkan prestasi yang baik terhadap organisasi. Pemimpin juga perlu memberikan penghargaan, pujian, hadiah dan semacamnya kepada anak buah yang berprestasi, untukmenjalankan fungsi ini.
6.       fungsi mengambil keputusan : pengambilan keputusan mrupakan fungsi kepemimpinan yang tidak mudah dilakukan. Oleh sebab itu banyak pemimpin yang menunda melakukan pengambilan keputusan. Bahkan ada pemimpin yang tidak berani mengambilkeputusan.
7.       fungsi menjalankan tugas : pemimpin harus konsisten menjalankan tugas dan tanggungjawabnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Tipe Kepemimpinan :
·         Kepemimpinan diktatois ; memimpin dengan cara menggertak,menguasai.
·         Kepemimpinan otokratis ; pemusatan otoritas dan pengambilan keputusan pada pimpinan.
·         Kepemimpinan Demokratis ; berdasarkan pada desentralisasi kekuasaan dan pengambilan keputusan.
·         Kepemimpinan Laisez-faire ; membiarkan kelompoknya menetapkan tujuan dan keputusannya.
Pos ini dipublikasikan di MATERI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s