TOPAN

Angin adalah gerakan  udara daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah. Angin memberikan banyak manfaat,misalnya membantu penerbukan tanaman dan ebagai sumber energi. Namun ketika kekuatannya besar, angin dapat mengakibatkan bencana.

Angin yang bertiup kencang dan berkekuatan besar, adalah angin topan. Kata topan berasal dari kata “taifun”  bahaa China tai feng  dn bahsa Yunani Typhoon. Angin topan euai dengan kekuatan dn tempat bertiupnya memiliki nama yang berbeda-beda. Misalnya di Bangladesh di sebut cycloon ( Siklon), di Amerika hurricane (hurikan),  di Jaa disebut angin puyuh atau puting beliung dll.

Kekencangan angin topan lebih dari 120 km / jam. Angin topan serig terjadi di wilayah tropis dintara garis balik utara dan selatan, tetapi tidak terjadi di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan garis khatulistiwa.

Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca.angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumya berpusar dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan sekitar 20 km per jam. Di Indonesia angin topan juga disebut badai.

Badai terjadi karena gangguan pada atmosfer, yang sangat dipengaruhi oleh cuaca. Badai ditandai dengan angin kencang, petir,kilat dan hujan lebat.

Badai bisa juga disertai curahan salju,es atau petir.

Angin topan yang diertai badai dpt mengangkat benda-benda yang tidak tabil,merusak jaringan litrik, menghancurkan bangunan dan menyebabkan erosi di daerah pesisir.

Kesiapsiagaan Angin Topan
1.    pantaulah prakiraan cuaca dari Badan Meterologi gan Geofisika ( BMG ) baik melalui teletivisi maupun radio.
2.    pelajari dan kenali tanda-tanda akan terjadinya topan yaitu awan gelap dan tebal, disertai petir dan kilat dari kejauhan.
3.    kenali jalur-jalur cepat dan aman, terutama jalur evakuai ke tempat pengungsian.
4.    perkuat struktur bangunan rumah yang memenuhi syarat teknis untukmampu bertahan terhadap gaya angin.
5.    membangun fasilitas perlindungan atau penampungan sementara jika angin topan terjadi,biasanya adalah ruang dibawah tanah.
6.    mengamankan benda-benda yang mudah terbang, sehingga tidak membahayakan jika angin topan trjadi.
7.    para nelayan sebaiknya selalu menambatkan prahu  mereka erat-erat.

Saat  Topan Melanda
Bergeraklah ke tempat yang aman. Jika berdiam di rumah dianggap cukup aman, tutuplah jendela rapat-rapat, bersiap-siaplah jika ada himbauan untuk mengungsi. Matikan aliran listrik dan jangan menyentuh alat-alat listrik. Petir bisa saja mengalir melalui kabel alat-alat listrik. Jika harus mengungsi, tetaplah tenang dan tertib, bawalah Tas siaga bencana dan keperluan yang sudah disiapkan.

Sesudah Topan Melanda
Seperti setelah bencana lainnya, ada kemungkinan kerusakan pada jaringan istrik dan rumah kita,maka berhati-hatilah. Jangan tinggalkan rumah atau tempat pengungsian  sampai keadaan benar-benar aman. Hindari menyalakan korek api, aliran gas atau listrik, bisa jadi ada kebocoran gas atau kerusakan kabel listrik.

Periksalah bagian-bagian rumahmu, mungkin ada bagian yang rusak dan membahayakan, seperti atap yang runtuh, pipa gas yang boor dll. Ikuti terus perkembangan pasca bencana dan bekerjasamalah dengan mayarakat sekitarmu. Hindari bepergian ke daerah-daerah yang berbahaya.


Tahukah Kamu ???????

Angin Topan dapat terjadi mendadak, tetapi sebagian besar badai terbentuk melalui proses selama beberapa jam sebelumnya.satelit cuaca yang canggih bahkan bisa memantau arah angin dan pergerakan badai. Pemantauan melalui satelit cuaca ini, tentunya dapat menjadi peringatan bagi kita. Badan Metrologi dan Geofisika ( BMG ) melalui radio dan teletivi sering memberitakan prakiraan cuac. Meskipun dmikian, prakiraan terkadang sangat rumit dan tidak memberikan data yang akurat.

Pos ini dipublikasikan di MATERI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s